Assalamualaikum, haiii teman-teman malam ini saya akn memposting tentang materi yang hari ini saya dapatkan yaitu pengertian MOODLE , mari kita simak secara bersama-sama
A. Pengertian
MODLE
Adalah MOODLE (singkatan
dari Modular Object-Oriented
Dynamic Learning Environment)
adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar
berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social
constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu
aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan
teknologi informasi yang dikenal dengan konsep pembelajaran
elektronik atau e-elearning. Moodle dapat digunakan secara bebas
sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi
GNU. Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang
bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.
kelebihan dan kekurangan Moodle
Kelebihan Moodle
- Sistem jaringan dan keamanannya dapat disetting sendiri
- Ruang akses yang dapat dibatasi sesuai dengan jaringan yang dibuat
- Sistem pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan (karena bersifat Open source)
- Fitur yang lengkap untuk sebuah proses pembelajaran jarak jauh
-
Kekuranga Moodle
- Membutuhkan pemahaman lebih tentang sistem
- Perlunya tenaga ahli untuk membangun sistem e-learningnya
- Membutuhkan biaya lebih
- Memerlukan hardware khusus
- Harus menginstall aplikasi khusus
jenis-jenis aktifitas moodle
Berikut
ini bentuk-bentuk aktivitas siswa pada moodle, sebagai berikut:
-
Assignments
Dengan aktifitas ini, seorang guru dapat memberikan tugas dalam bentuk soal-soal, penyusunan makalah, laporan dan sebagainya. Selanjutnya tugas tersebut dikumpul melalui cara upload yang sudah disediakan fasilitasnya pada bagian penyampaian tugas. Jenis file yang dapat dikirim misalnya word documents, spreadsheets, images, audio and video clips. Selanjutnya guru dapat melihat dan menilai tugas yang telah dikirim oleh siswa. -
Attendance Register
Daftar absensi siswa, fitur ini tidak secara langsung terdapat pada moodle, perlu ditambahkan sehingga terdaftar dalam aktivitas. -
Chats
Dengan aktivitas ini, setiap peserta dapat berdiskusi secara real-time via web, diskusi secara langsung ini dapat berlangsung antara guru dengan siswa atau siswa dengan siswa. -
Choices
Aktifitas ini sangat sederhana, guru memberikan beberapa pertanyaan dan menyediakan berberapa pilihan jawaban. Aktifitas ini dapat digunakan sebagai polling untuk merangsang daya pikir terhadap sebuah topik bahan ajar tertentu. -
Database Activity
Dengan aktifitas ini, Guru dan siswa dapat membuat, melihat dan mencari bank data mengenai topik apapun. Format dan struktur data yang dimasukkan hampir tidak terbatas, termasuk gambar, file, URL, nomor, dan text. -
External Tool
Modul alat eksternal aktivitas memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan sumber belajar dan kegiatan di situs web lain. Misalnya, alat eksternal dapat memberikan akses ke jenis kegiatan baru atau bahan pembelajaran dari sumber lainnya. Untuk membuat kegiatan alat eksternal, penyedia alat yang mendukung LTI (Belajar Alat Interoperabilitas) diperlukan. Seorang guru dapat menciptakan kegiatan alat eksternal atau menggunakan alat yang sebelumnya telah dikonfigurasi oleh administrator moodle. Kegiatan alat eksternal berbeda dari sumber bahan ajar melalui URL -
Feedback
Modul kegiatan umpan balik memungkinkan seorang guru untuk menciptakan sebuah survei untuk mengumpulkan umpan balik dari para siswa menggunakan berbagai jenis pertanyaan termasuk pilihan ganda, ya / tidak atau input teks. -
Forums
Sama dengan chat, Forum ini lebih dikenal dengan istilah forum diskusi, merupakan fasilitas untuk melangsungkan sebuah diskusi antar siswa maupun antara siswa dengan guru. Siswa dan guru dapat berinteraksi satu sama lain secara real-time. Namun tidak seperti chat, pada forum interaksi yang dilakukan secara asinkron. Setiap member yang tergabung dalam forum akan menerima salinan dari posting di email mereka. -
Glossary
Pada aktivitas ini, guru dan siswa dapat membuat kumpulan/daftar pengertian-pengertian kata, seperti kamus. Data yang dimasukkan dapat berasal dari berbagai format dan secara otomatis dapat dibuat link ke materi lain. -
Lesson
Lesson ditujukan agar guru dapat membuat aktifitas yang berisi konten yang menarik dan fleksibel. Lesson terbagi menjadi beberapa halaman dan diakhir setiap halaman biasanya terdapat pertanyaan yang memiliki beberapa jawaban. Jawaban yang dipilih student akan menentukan halaman mana yang akan diaksesnya, dengan bahasa lain jika pertanyaan yang diajukan benar maka disediakan bahan ajar selanjutnya untuk dipelajari. -
Quiz
Pada modul ini, dosen dapat mendesain kumpulan soal, yang berisi multiple choice, true-false, dan pertanyaan jawaban singkat. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan tersimpan di bank soal yang dapat dikategorikan dan digunakan ulang. -
SCORM/AICC Packages
Dengan module ini, dosen dapat membuat paket yang berisi halaman web, grafis, program Javascript, slide presentasi Flash, video, suara and konten apapun yang dapat dibuka di web browser. Paket ini juga diintegrasikan kumpulan soal yang bila diperlukan dapat dinilai dan kemudian dimasukkan ke rapor hasil belajar siswa. -
Surveys
Survey merupakan feedback, quisioner ataupun angket yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran ataupun kritikan bagi guru ataupun course. Sehingga kinerja guru dan isi dari course dapat diperbaiki diwaktu akan datang. -
Wiki
Pada aktivitas ini, student dan dosen dapat secara kolaboratif menulis dokumen web tanpa mengetahui bahasa html, langsung dari web browser. Hasilnya dapat berupa hasil kreativitas kelas, kelompok ataupun individu. -
Workshop
Workshop atau Lokakarya adalah fitur baru dalam Moodle 2. Fungsinya mirip dengan modul tugas yang diperluas fungsinya dalam banyak cara. Namun, dianjurkan bahwa fasilitator dan peserta kursus setidaknya memiliki beberapa pengalaman dengan modul penugasan sebelum Lokakarya yang digunakan dalam kursus. Seperti di Penugasan, peserta kursus menyerahkan pekerjaan mereka selama kegiatan Lokakarya. Setiap peserta kursus menyerahkan pekerjaan mereka sendiri. Pengajuan dapat terdiri dari teks dan lampiran. Oleh karena itu, penyerahan Lokakarya menggabungkan baik teks Online dan Upload jenis file dari modul Assignment.
Sejarah
Membangun E-learning menggunakan moodle, ibaratnya
kita membangun sebuah sekolah, dimana sekolah merupakan suatu system
yang terdiri dari beberapa komponen, dimana komponen yang satu
dengan lainnya tidak dapat dipisahkan. Di dalam system sekolah
ini kita ketahui terdapat tenaga adminitrasi (admin), tenaga
pengajar (teacher), dan siswa (student), yang membentuk
suatu aktivitas sehingga terjadilah proses pembelajaran.
Moodle adalah salah satu aplikasi e-learning yang
berbasis open source. Moodle adalah paket software yang
diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan web.
Moodle pertama kali dikembangkan oleh Martin Dogiamas, dia
yang mempertahankan moodle sebagai paket e-learning yang open
source (terbuka programnya).
Moodle terus mengembangkan rancangan sistem dan
design user interface setiap mingguannya (up so date),
mulai dari versi 1 dan terakhir versi 2.4. Oleh karena
itu moodle tersedia dan dapat digunakan secara bebas sebagai produk
open source. Dengan moodle ini diharapkan dapat meningkatkan
efisiensi dan efektivitas kinerja pengajar dan pemahaman pembelajaran
terhadap materi pembelajaran.
Istilah moodle singkatan dari “Modular
Object Oriented Dynamic Learning Environment”, yang berarti
tempat belajar dinamis dengan menggunakan modal berorientasi objek
atau merupakan paket lingkungan pendidikan berbasis web yang dinamis
dan dikembangkan dengan konsep berorientasi objek.
B.Alat dan Bahan
-PC/laptop
- OS
Linux
-
Web Browser
- CMS Moodle
C.Referensi
D.Latar belakang
Aplikasi moodle memungkinkan siswa untuk masuk
kedalam ruang kelas berbasis digitall untuk mengakses materi-materi
pembelajaran. Dengan menggunakan Moodle, kita dapat membuat materi
pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain.
E. Maksud dan tujuan
menggunakan Moodle kita dapat membangun sistim
dengan konsep e-Learning pembelajaran secara elektronik ataupun
Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh). Dengan cara ini sistem
belajar mengajar akan tidak terbatas ruang dan waktu.
F. Kesimpulan dan hasil
Moodle sangat efektif untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran di
sekolah-sekolah dan universitas. Dengan moodle, guru dapat memberikan
materi berupa teks,web, animasi, multimedia, ebook, presentasi, diskusi,
ujian, dan belajar online.Moodle dapat diinstall di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa
menjalankan PHP dan mendukung database SQL.
0 komentar:
Posting Komentar