Kamis, 01 September 2016

Pengertian MOODLE

Assalamualaikum, haiii teman-teman malam ini saya akn memposting tentang materi yang hari ini saya dapatkan yaitu pengertian MOODLE , mari kita simak secara bersama-sama

A. Pengertian
      MODLE Adalah MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-elearning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.

kelebihan dan kekurangan Moodle

Kelebihan Moodle
  1. Sistem jaringan dan keamanannya dapat disetting sendiri
  2. Ruang akses yang dapat dibatasi sesuai dengan jaringan yang dibuat
  3. Sistem pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan (karena bersifat Open source)
  4. Fitur yang lengkap untuk sebuah proses pembelajaran jarak jauh
  • Kekuranga Moodle
  1.   Membutuhkan pemahaman lebih tentang sistem
  2.   Perlunya tenaga ahli untuk membangun sistem e-learningnya
  3.   Membutuhkan biaya lebih
  4.   Memerlukan hardware khusus
  5.   Harus menginstall aplikasi khusus


jenis-jenis aktifitas moodle
Berikut ini bentuk-bentuk aktivitas siswa pada moodle, sebagai berikut:


  1. Assignments
    Dengan aktifitas ini, seorang guru dapat memberikan tugas dalam bentuk soal-soal, penyusunan makalah, laporan dan sebagainya. Selanjutnya tugas tersebut dikumpul melalui cara upload yang sudah disediakan fasilitasnya pada bagian penyampaian tugas.  Jenis file yang dapat dikirim misalnya word documents, spreadsheets, images, audio and video clips. Selanjutnya guru  dapat melihat dan menilai tugas yang telah dikirim oleh siswa. 

  2. Attendance Register
    Daftar absensi siswa, fitur ini tidak secara langsung terdapat pada moodle, perlu ditambahkan sehingga terdaftar dalam aktivitas. 

  3. Chats
    Dengan aktivitas ini, setiap peserta dapat berdiskusi secara real-time via web, diskusi secara langsung ini dapat berlangsung antara guru dengan siswa atau siswa dengan siswa. 

  4. Choices
    Aktifitas ini sangat sederhana, guru memberikan beberapa pertanyaan dan menyediakan berberapa pilihan jawaban. Aktifitas ini dapat digunakan sebagai polling untuk merangsang daya pikir terhadap sebuah topik bahan ajar tertentu. 

  5. Database Activity
    Dengan aktifitas ini, Guru dan siswa dapat membuat, melihat dan mencari bank data mengenai topik apapun. Format dan struktur data yang dimasukkan hampir tidak terbatas, termasuk gambar, file, URL, nomor, dan text. 

  6. External Tool
    Modul alat eksternal aktivitas memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan sumber belajar dan kegiatan di situs web lain. Misalnya, alat eksternal dapat memberikan akses ke jenis kegiatan baru atau bahan pembelajaran dari sumber lainnya. Untuk membuat kegiatan alat eksternal, penyedia alat yang mendukung LTI (Belajar Alat Interoperabilitas) diperlukan. Seorang guru dapat menciptakan kegiatan alat eksternal atau menggunakan alat yang sebelumnya telah dikonfigurasi oleh administrator moodle. Kegiatan alat eksternal berbeda dari sumber bahan ajar melalui URL 

  7. Feedback
    Modul kegiatan umpan balik memungkinkan seorang guru untuk menciptakan sebuah survei untuk mengumpulkan umpan balik dari para siswa menggunakan berbagai jenis pertanyaan termasuk pilihan ganda, ya / tidak atau input teks. 

  8. Forums
    Sama dengan chat, Forum ini lebih dikenal dengan istilah forum diskusi, merupakan fasilitas untuk melangsungkan sebuah diskusi antar siswa maupun antara siswa dengan guru. Siswa dan guru dapat berinteraksi satu sama lain secara real-time. Namun tidak seperti chat, pada forum interaksi yang dilakukan secara asinkron. Setiap member yang tergabung dalam forum akan menerima salinan dari posting di email mereka.
  9. Glossary
    Pada aktivitas ini, guru dan siswa  dapat membuat kumpulan/daftar pengertian-pengertian kata, seperti kamus. Data yang dimasukkan dapat berasal dari berbagai format dan secara otomatis dapat dibuat link ke materi lain. 

  10. Lesson
    Lesson ditujukan agar guru dapat membuat aktifitas yang berisi konten yang menarik dan fleksibel. Lesson terbagi menjadi beberapa halaman dan diakhir setiap halaman biasanya terdapat pertanyaan yang memiliki beberapa jawaban. Jawaban yang dipilih student akan menentukan halaman mana yang akan diaksesnya, dengan bahasa lain jika pertanyaan yang diajukan benar maka disediakan bahan ajar selanjutnya untuk dipelajari. 

  11. Quiz
    Pada modul ini, dosen dapat mendesain kumpulan soal, yang berisi multiple choice, true-false, dan pertanyaan jawaban singkat. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan tersimpan di bank soal yang dapat dikategorikan dan digunakan ulang. 

  12. SCORM/AICC Packages
    Dengan module ini, dosen dapat membuat paket yang berisi halaman web, grafis, program Javascript, slide presentasi Flash, video, suara and konten apapun yang dapat dibuka di web browser. Paket ini juga diintegrasikan kumpulan soal yang bila diperlukan dapat dinilai dan kemudian dimasukkan ke rapor hasil belajar siswa. 

  13. Surveys
    Survey merupakan feedback, quisioner ataupun angket yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran ataupun kritikan bagi guru ataupun course. Sehingga kinerja guru dan isi dari course dapat diperbaiki diwaktu akan datang. 

  14. Wiki
    Pada aktivitas ini, student dan dosen dapat secara kolaboratif menulis dokumen web tanpa mengetahui bahasa html, langsung dari web browser. Hasilnya dapat berupa hasil kreativitas kelas, kelompok ataupun individu. 

  15. Workshop
    Workshop atau Lokakarya adalah fitur baru dalam Moodle 2. Fungsinya mirip dengan modul tugas yang diperluas fungsinya dalam banyak cara. Namun, dianjurkan bahwa fasilitator dan peserta kursus setidaknya memiliki beberapa pengalaman dengan modul penugasan sebelum Lokakarya yang digunakan dalam kursus. Seperti di Penugasan, peserta kursus menyerahkan pekerjaan mereka selama kegiatan Lokakarya. Setiap peserta kursus menyerahkan pekerjaan mereka sendiri. Pengajuan dapat terdiri dari teks dan lampiran. Oleh karena itu, penyerahan Lokakarya menggabungkan baik teks Online dan Upload jenis file dari modul Assignment.
Sejarah
      Membangun E-learning menggunakan moodle, ibaratnya kita membangun sebuah sekolah, dimana sekolah merupakan suatu system yang terdiri dari beberapa komponen, dimana komponen yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan. Di dalam system sekolah ini kita ketahui terdapat tenaga adminitrasi (admin), tenaga pengajar (teacher), dan siswa (student), yang membentuk suatu aktivitas sehingga terjadilah proses pembelajaran.

gambar 1
    Moodle adalah salah satu aplikasi e-learning yang berbasis open source. Moodle adalah paket software yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan web. Moodle pertama kali dikembangkan oleh Martin Dogiamas, dia yang mempertahankan moodle sebagai paket e-learning yang open source (terbuka programnya).

      Moodle terus mengembangkan rancangan sistem dan design user interface setiap mingguannya (up so date), mulai dari versi 1 dan terakhir versi 2.4. Oleh karena itu moodle tersedia dan dapat digunakan secara bebas sebagai produk open source. Dengan moodle ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja pengajar dan pemahaman pembelajaran terhadap materi pembelajaran.
gambar 2
Istilah moodle singkatan dari “Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment”, yang berarti tempat belajar dinamis dengan menggunakan modal berorientasi objek atau merupakan paket lingkungan pendidikan berbasis web yang dinamis dan dikembangkan dengan konsep berorientasi objek.

B.Alat dan Bahan
-PC/laptop
- OS Linux 
- Web Browser
- CMS Moodle

C.Referensi


D.Latar belakang
     Aplikasi moodle memungkinkan siswa untuk masuk kedalam ruang kelas berbasis digitall untuk mengakses materi-materi pembelajaran. Dengan menggunakan Moodle, kita dapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain.
E. Maksud dan tujuan
     menggunakan Moodle kita dapat membangun sistim dengan konsep e-Learning pembelajaran secara elektronik ataupun Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh). Dengan cara ini sistem belajar mengajar akan tidak terbatas ruang dan waktu. 
F. Kesimpulan dan hasil
     Moodle sangat efektif untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran di sekolah-sekolah dan universitas. Dengan moodle, guru dapat memberikan materi berupa teks,web, animasi, multimedia, ebook, presentasi, diskusi, ujian, dan belajar online.Moodle dapat diinstall di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.



















0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

About Us

Popular Posts

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

BTemplates.com

Blogroll

About

Copyright © Afrizantika - BLC Telkom | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com